Rabu, 31 Desember 2014



Nama               :  Fadkholil
NIM                  : 2012 121 223
Kelas                : 5.C
Mata Kuliah   : Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMP NEGERI 43 PALEMBANG
Kelas/Semester            : VIII / GANJIL
Mata Pelajaran            : MATEMATIKA
Materi Ajar                  : SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
Waktu                         : 1 × 40 Menit
A.  Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransigotongroyong), santun, percayadiridalaberinteraksisecaraefektifdenganlingkungan social danalamdalamjangkauandankeberadaannya.
3.      Memahamidanmenerapkanpengetahuan(factual. konseptualdan procedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuanteknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
4.      Mengolah, menyajidanmenalardalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasidanmembuat) sertaranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambardanmengarang) sesuaidengan yang dipelajaridisekolahdansumber lain yang samadengansudutpandang/teori.
B.     KompetensiDasar
2.1. Menyelesaiakan system persamaan linier dua variable.
2.2. Membuat model matematikadarimasalah yang berkaitandengan
SPLDV.
2.3. Menyelesaikanmatematikadarimasalah yang berkaitandengan
SPLDV danpenafsirannya.
C.     Indikator
1.      Menentukanakar SPLDV denganmetodegrafik.
2.      Membuat model matematikadarimasalah yang berkaitandenganSPLDV.
3.      Menyelesaikanmatematikadarimasalah yang berkaitandenganSPLDVdanpenafsirannya.

D.  TujuanPembelajaran
SiswaDiharapkanterlibataktifdalamkegiatansertadapat:
1.      Menentukanakar SPLDV denganmetodegrafik.
2.      Membuat model matematikadarimasalah yang berkaitandenganSPLDV.
3.      Menyelesaikanmatematikadarimasalah yang berkaitandenganSPLDVdanpenafsirannya.

E.     Materi Ajar
1.        MetodeGrafik
Penyelesaian system persamaan linier dua variable denganmetodegrafikdiperolehdengancaramenggambarpersamaan-persamaantersebutdalamsatu diagram cartesius. Dari gambartersebutdiperolehtitikpotongkeduagaris.Titikpotonginilah yang merupakanhimpunanpenyelesaiandari system persamaan linier dua variable.
Dalampenyelesaiannyaharusmencarititikpotonggarismasing-masingpersamaandikoordinat y denganmembuat x = 0 yang akanberpotongandi (0, y), dandikoordinat x denganmembuat y = 0 yang akanberpotongandi (x, 0). Kemudianmenarikkeduagaristersebutsehinggaberpotongandisuatutitikkoordinat (x, y).
Metodegrafikjugadapatmenyelesaikan SPLDV yang berkaitandenganmasalahdikehidupansehari-hari.
Contoh:
Tentukanhimpunanpenyelesaian system persamaandan  , untuk  dengan menggunakan metode grafik!
grafik.pngPenyelesaian:
·           Grafikuntukpersamaan
Ambil y = 0 maka

Ambil x = 0 maka

Sehinggatitikpotongnya (2, 0) dan (0, -4).
·           Grafikuntukpersamaan
Ambil y = 0 maka

Ambil x = 0 maka

Sehinggatitikpotongnya (5, 0) dan (0, 5).





Dengandemikian, diperolehgrafikdarisistempersamaan dan untuk . Seperti gambar disamping. Titik potong kedua garis tersebut di titik (3, 2)  sehingga himpunan penyelesaian dari sistem persamaan  dan  untuk  adalah .



F.   Model danMetodePembelajaran
1.      Model Pembelajaran         : STAD
2.      MetodePembelajaran        : Ceramah, Tanya Jawab, Tugas.

G.  KegiatanPembelajaran

Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
1.                  Guru member salam, berdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.
2.                  Melakukankomunikasitentangkehadiransiswa.
3.                  Guru mengingatkantentangmateripadapertemuansebelumnya.
4.                  Guru memberikanapersepsitentangmateri yang akandipelajari.
5.                  Guru memberikanmotivasimanfaatbelajarpenyelesaian SPLDV denganmetodegrafik.
5 Menit
Inti
1.                  Guru bertanyatentangbentuk SPLDV.
2.                  Guru bertanyabagaimanacaramencarihimpunanpenyelesaiandari SPLDV.
3.                  Siswadiarahkanuntukmembacadanmemahamikonsepmateri yang diajarkan.
4.                  Guru memberikancontohmasalahdalamkehidupansehari-hari yang berkaitandengan SPLDV.
5.                  Guru membagisiswadalambeberapakelompok, danmemberikan LKS kepadasetiapkelompoksertadiarahkanuntukmengisi LKS yang terkaitdenganmateripembelajarandenganbimbingan guru.
6.                  Guru dansiswamendiskusikanbersama-sama LKS yang telahdiisi.
30 Menit
Penutup
1.                  Guru memilihsalahsatuperwakilankelompokuntukmenyimpulkanmengenaipenyelsaian SPLDV denganmetodegrafik.
2.                  Guru menguatkankembalikesimpulandarisiswa.
3.                  Guru memberikanevaluasisecara individual.
4.                  Guru memberikantugasrumah.
5.                  Guru memberikaninformasitentangmateriberikutnya.
5 Menit


H.  Alat/Media danSumberBelajar
1.        Alat/Media Belajar
a.     Penggaris, Spidol, PapanTulis.
b.    LKS.
2.        SumberBelajar
a.     BukuMatematikaUntukKelas VIII SMP KaranganUmiSalamah.

I.     InstrumenPenilaian

TesUraian.
Dalamsebuahkonser music, terjualkarciskelas I dan II sebanyak 500 lembar.Hargakarcis I adalahRp. 8.000,00.Sedangkanhargakarcis II adalahRp. 6.000,00.JikahasilpenjualanseluruhkarcisadalahRp. 3.250.000,00. Tentukanbanyakkarcismasing-masingkelas I dan II yang terjual?

RubrikPenilaian.

Jawaban
Skor
Diketahui: Misalkarcis 1 = x
Karcis 2 = y
Ditanya: Banyakmasing-masingkarcis 1 dan 2?
1
Dijawab:
Model matematika.

1

0 komentar :

Posting Komentar