Nama : Fadkholil
NIM : 2012 121 223
Kelas :
5.C
Mata Kuliah :
Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP NEGERI 43 PALEMBANG
Kelas/Semester :
VIII / GANJIL
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Materi Ajar :
SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
Waktu :
1 × 40 Menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghargaidanmenghayatiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransigotongroyong), santun, percayadiridalaberinteraksisecaraefektifdenganlingkungan
social danalamdalamjangkauandankeberadaannya.
3. Memahamidanmenerapkanpengetahuan(factual.
konseptualdan procedural) berdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuanteknologi, seni,
budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
4. Mengolah,
menyajidanmenalardalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasidanmembuat) sertaranahabstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambardanmengarang) sesuaidengan yang dipelajaridisekolahdansumber lain
yang samadengansudutpandang/teori.
B. KompetensiDasar
2.1.
Menyelesaiakan system persamaan linier dua variable.
2.2.
Membuat model matematikadarimasalah yang berkaitandengan
SPLDV.
2.3.
Menyelesaikanmatematikadarimasalah yang berkaitandengan
SPLDV
danpenafsirannya.
C. Indikator
1. Menentukanakar
SPLDV denganmetodegrafik.
2. Membuat
model matematikadarimasalah yang berkaitandenganSPLDV.
3. Menyelesaikanmatematikadarimasalah
yang berkaitandenganSPLDVdanpenafsirannya.
D. TujuanPembelajaran
SiswaDiharapkanterlibataktifdalamkegiatansertadapat:
1. Menentukanakar
SPLDV denganmetodegrafik.
2. Membuat
model matematikadarimasalah yang berkaitandenganSPLDV.
3. Menyelesaikanmatematikadarimasalah
yang berkaitandenganSPLDVdanpenafsirannya.
E. Materi
Ajar
1.
MetodeGrafik
Penyelesaian
system persamaan linier dua variable
denganmetodegrafikdiperolehdengancaramenggambarpersamaan-persamaantersebutdalamsatu
diagram cartesius. Dari
gambartersebutdiperolehtitikpotongkeduagaris.Titikpotonginilah yang
merupakanhimpunanpenyelesaiandari system persamaan linier dua variable.
Dalampenyelesaiannyaharusmencarititikpotonggarismasing-masingpersamaandikoordinat
y denganmembuat x = 0 yang akanberpotongandi (0, y), dandikoordinat x
denganmembuat y = 0 yang akanberpotongandi (x, 0).
Kemudianmenarikkeduagaristersebutsehinggaberpotongandisuatutitikkoordinat (x,
y).
Metodegrafikjugadapatmenyelesaikan
SPLDV yang berkaitandenganmasalahdikehidupansehari-hari.
Contoh:
Tentukanhimpunanpenyelesaian system
persamaandan , untuk dengan menggunakan metode grafik!
Penyelesaian:
·
Grafikuntukpersamaan
Ambil y = 0 maka
Ambil x = 0 maka
Sehinggatitikpotongnya (2, 0) dan (0,
-4).
·
Grafikuntukpersamaan
Ambil y = 0 maka
Ambil x = 0 maka
Sehinggatitikpotongnya (5, 0) dan (0, 5).
Dengandemikian,
diperolehgrafikdarisistempersamaan dan untuk . Seperti gambar disamping. Titik
potong kedua garis tersebut di titik (3, 2)
sehingga himpunan penyelesaian dari sistem persamaan dan
untuk adalah .
F. Model
danMetodePembelajaran
1. Model
Pembelajaran : STAD
2. MetodePembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Tugas.
G. KegiatanPembelajaran
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru member salam,
berdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.
2.
Melakukankomunikasitentangkehadiransiswa.
3.
Guru
mengingatkantentangmateripadapertemuansebelumnya.
4.
Guru memberikanapersepsitentangmateri yang
akandipelajari.
5.
Guru memberikanmotivasimanfaatbelajarpenyelesaian
SPLDV denganmetodegrafik.
|
5 Menit
|
Inti
|
1.
Guru bertanyatentangbentuk
SPLDV.
2.
Guru
bertanyabagaimanacaramencarihimpunanpenyelesaiandari SPLDV.
3.
Siswadiarahkanuntukmembacadanmemahamikonsepmateri
yang diajarkan.
4.
Guru
memberikancontohmasalahdalamkehidupansehari-hari yang berkaitandengan SPLDV.
5.
Guru membagisiswadalambeberapakelompok,
danmemberikan LKS kepadasetiapkelompoksertadiarahkanuntukmengisi LKS yang
terkaitdenganmateripembelajarandenganbimbingan guru.
6.
Guru dansiswamendiskusikanbersama-sama LKS yang
telahdiisi.
|
30 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru
memilihsalahsatuperwakilankelompokuntukmenyimpulkanmengenaipenyelsaian SPLDV
denganmetodegrafik.
2.
Guru menguatkankembalikesimpulandarisiswa.
3.
Guru memberikanevaluasisecara individual.
4.
Guru memberikantugasrumah.
5.
Guru memberikaninformasitentangmateriberikutnya.
|
5 Menit
|
H. Alat/Media
danSumberBelajar
1.
Alat/Media Belajar
a. Penggaris,
Spidol, PapanTulis.
b. LKS.
2.
SumberBelajar
a. BukuMatematikaUntukKelas
VIII SMP KaranganUmiSalamah.
I. InstrumenPenilaian
TesUraian.
Dalamsebuahkonser
music, terjualkarciskelas I dan II sebanyak 500 lembar.Hargakarcis I adalahRp.
8.000,00.Sedangkanhargakarcis II adalahRp.
6.000,00.JikahasilpenjualanseluruhkarcisadalahRp. 3.250.000,00.
Tentukanbanyakkarcismasing-masingkelas I dan II yang terjual?
RubrikPenilaian.
Jawaban
|
Skor
|
Diketahui:
Misalkarcis 1 = x
Karcis 2 = y
Ditanya: Banyakmasing-masingkarcis 1
dan 2?
|
1
|
Dijawab:
Model matematika.
|
1
|
0 komentar :
Posting Komentar