Minggu, 04 Januari 2015

TES KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIIIC PADA  MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP N 2 PAMPANGAN
Oleh :
Fadkholil                 (2012 121 111)
Ahmad Feri Muhtadin (2012 121 069)

ABSTRAK

  Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIIC Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP N 2 Pampangan. Dengan bentuk rumusan masalah ” Bagaimana  Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIIIC pada Materi sistem  Persamaan Linear Dua Variabel ?” dengan populasi sebanyak 20 orang.
Adapun tujuan dalam penelitian ini, untuk mengetahui Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIIIC pada Materi sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP N 2 Pampangan. Untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis, terdapat empat indikator yaitu: (a) fluency, (b) flexibility, (c) originality, dan (d) elaborasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan kemudian di uji koefisien korelasi tersebut. Berdasarkan dari hasil penelitian, maka diperoleh koefisien korelasi  untuk soal 1 sebesar 0,079141, soal 2 sebesar 0,190883, soal 3  sebesar 0,701569, soal 4  sebesar 0,363474. Sedangkan uji hipotesis dengan uji t diperoleh   untuk soal 1 0,349897 dan sebesar 0,06354 soal 2 0,900322 dan sebesar 0,06354,  soal 3 5,448592 dan sebesar 0,06354 , soal 4 1,932865 dan  sebesar 0,06354  pada taraf kepercayaan α = 0,05. Dengan demikian  maka kriteria hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP N 2 Pampangan masih dikategorikan sedang.

0 komentar :

Posting Komentar